Debut Penyanyi Jalanan New Orleans di Jazz Fest

| Friday, April 23, 2010

New Orleans - Di usia ke-65, penyanyi jalanan Elliott Small hanya terkenal di sudut jalan New Orleans. Hingga akhirnya pada 2008 sebuah video inovatif di internet membawa musisi berjenggot putih dan bertopi itu tampil berkolaborasi membawakan nomor klasik milik Ben E. King, Stand By Me.

Sekarang Elliot Small, yang lebih dikenal sebagai Grandpa Elliott, akan bernyanyi tampil di New Orleans Jazz and Heritage Festival, salah satu panggung premier dalam dunia musik. Festival yang berlangsung selama dua pekan tiap musim semi ini dimulai pada Jumat (23/4) dengan lebih dari 65 pertunjukan, termasuk Lionel Richie, The Black Crowes, Steel Pulse, George Clinton dan Parliament Funkadelic, Baaba Maal dan Nathan, serta Zydeco Cha-Chas.

Debut aksi Elliot pada Sabtu di Blues Tent. Dia salah satu dari puluhan musisi lokal yang akan menampilkan bakat mereka di depan ribuan penonton. Tahun lalu, lebih dari 400.000 orang menghadiri musik dalam udara terbuka, kerajinan dan makanan festival diselenggarakan di Fair Grounds Race Course.

"Aku telah berada di sepertiga Prancis sepanjang hidup saya, bernyanyi untuk wisatawan," jelasnya dalam sebuah wawancara sebelum pertunjukan festival berlangsung. "Seumur hidup aku telah menghibur banyak orang."

Elliot lahir dan dibesarkan di New Orleans. Ia mulai menari dan menyanyi di jalanan untuk mendapatkan tips ketika berusia enam tahun. Ketika ia beranjak dewasa, Elliot merekam beberapa lagu bersama arranger Wardell Quezergue dan bekerja dengan Fats Domino. Namun dia mengatakan bahwa ia tampil dengan lebih dari 30 musisi di lagu Stand By Me dengan rendah diri.

Para produser Playing for Change, yang mengatakan tujuan mereka "untuk menginspirasi, menghubungkan, dan membawa perdamaian ke dunia melalui musik," membangun sebuah studio rekaman mobile dan merekam musisi dari California ke Afrika Selatan membawakan nomor Stand by Me. Mereka meracik video yang dihasilkan dalam kolase visual dan musik yang menakjubkan.

"Bagi mereka untuk datang dan membawa orang tua ini dari jalanan dan menempatkan saya di mana saya siap," kata Elliot, menggelengkan kepalanya.

"Impianku adalah selalu menyentuh bintang-bintang, aku tidak tahu apakah aku akan mendapatkan kesempatan untuk menyentuh matahari dan bulan atau mungkin Mars," tambahnya.

Quint Davis, sang co-produser festival sejak 1970 tersebut, menurut Elliot Small. layaknya seperti saham dalam The Fest's Thrill Ride.

"Hal itu merupakan jenis yang sama dari tekstur akar rumput dan penjangkauan yang kami mulai, bahwa kita masih memiliki," kata Davis.

"Ya, kami memiliki kelompok nasional yang besar, tapi kami juga memiliki Grandpa Elliotts, The Mardi Gras Indians dan Robert Gibson, sosok yang bermain gitar satu-string. Tekstur kami masih ada dan itulah yang paling kita banggakan," katanya.

Menurut Kelly Schulz, juru bicara New Orleans Convention and Visitors Bureau, mengatakan festival terus menjadi penarik perhatian besar pengunjung. Dia bilang hunian hotel untuk Jumat berada di posisi 99% dan mendekati penuh hingga hari Sabtu.

"Kami telah melihat akan hal baik mengelilingi sekitar New Orleans sejak The Saints meraih 'kemenangan Super Bowl," katanya.

"Telepon kami penuh dengan nada dering dari orang-orang ingin datang untuk melihat festival musim semi kami. Itulah jenis hal yang kita tidak pernah bisa produksi dan jika kita melakukannya, kita tidak akan mampu membayar untuk jenis eksposur tersebut di seluruh dunia," jelas Shulz.

Jazz Fest 2010 telah menarik beberapa musisi internasional, termasuk Baaba Maal dari Senegal dan Juan Luis Guerra y 440, sebuah sensasi dari Republik Dominika dan pemenang Latin Grammy Award.

Konser tribute juga direncanakan untuk menandai ulang tahun ke-100 pemain terompet jazz, penyanyi dan pencipta lagu Louis Prima, yang resmi tahun ini wajahnya terpampang pada poster Jazz Fest, yang dilukis oleh penyanyi lagu-lagu hiburan Tony Bennett.

Dengan pengisi acara mulai dari genre pop, rock dan gospel untuk R&B, jazz dan Zydeco, Grandpa Elliott harus tampil sesuai dan langsung masuk. Setelah membawakan Stand By Me di The Tonight Show, The Bonnie Hunt Show dan The Colbert Show, Elliot bermain untuk Playing for Change Records/Concord Music Group. Album pertamanya, Sugar Sweet, dirilis bulan ini.

Pendiri Playing For Change, Mark Johnson memproduseri proyek dengan bassist Reggie McBride. "Dia membawa sound mentah ke dalam studio," kata Johnson. "Dia memotong lagu-lagu dalam satu waktu."

Elliot yang buta secara resmi, menggambarkan dirinya sebagai seorang penata lagu. "Anda bisa memanggil saya bluesman, tapi aku juga menyanyikan lagu-lagu pertunjukan Broadway, balada klasik dan opera," katanya sambil tersenyum.

Dia juga ahli bermain harmonika. "Saya berencana untuk memberikan sebuah pertunjukan yang baik pada semua orang" tambahnya.

0 comments:

Post a Comment