Yuk Mengenang Kejayaan The Beatles di Ceko!

| Wednesday, May 5, 2010
Jakarta - Masa-masa kejayaan band legendaris sekelas The Beatles seakan tidak ada akhirnya. Perkumpulan penggemar The Beatles, Beatlesmania menggelar pameran koleksi personel The Beatles di Museum Ceko.

Benda-benda koleksi The Beatles sengaja diterbangkan dari museum tertua di Liverpool, Inggris, Albert Dock menuju Museum Nasional Praha, Republik Ceko. Benda-benda bersejarah peninggalan band tahun 60an itu akan dipamerkan di Praha, Ceko.

Koleksi-koleksi unggulan yang akan dipamerkan di antaranya patung lilin empat personel The Beatles hasil bentukan Madame Tussaud. Tidak hanya itu, koleksi gitar banjo dan ukulele milik George Harrison pun akan mejeng.

"Kami senang bisa bekerja sama dengan Museum Nasional di Praha Ini adalah kesempatan ideal mempromosikan sebuah bangsa lewat penggemar The Beatles," kata manajer pihak yang merawat koleksi The Beatles di Albert Dock seperti dilansir Liverpool Daily Post, Rabu (5/5/2010).

Ikatan batin rakyat Rebublik Ceko dengan The Beatles memang lumayan kuat. Selain di Jepang, Amerika Serikat dan Inggris, Ceko juga mempunyai kenangan tersendiri dengan The Beatles.

Misalnya pada tahun 1968, lagu 'Revolution' milik John Lennon menjadi simbol perlawanan kaum muda Praha terhadap komunis. Setelah The Beatles bubar pun, virus Lennon, McCartney, Ringgo, dan Harrison manjadi trendsetter berpakaian dan gaya rambut mereka. Saat itu mereka mendengarkan lagu-lagu The Beatles di radio.

Tidak hanya The Beatles yang menjadi simbol semangat mereka dalam memberontak. John Lennon pun dijadikan simbol perlawanan baris depan. Sehingga rakyat Praha membuat sebuah monumen 'Lennon Wall'.

Diharapkan pameran koleksi The Beatles yang diadakan mulai Juni 2010 hingga Januari 2011 itu akan mengobati ratusan ribu penggemar The Beatles di Praha, Ceko. So, tunggu apalagi, bikin visa kunjungan ke Ceko dan nikmati koleksi benda peninggalan The Beatles.

0 comments:

Post a Comment