Lady GaGa Dongkrak Penjualan Musik Pop

| Thursday, May 6, 2010
Artis-artis pop seperti Lady GaGa dan Cheryl Cole ternyata punya andil dalam mendongkrak popularitas musk pop, paling tidak di Inggris. Setelah sekian lama musik di Inggris didominasi oleh musk rock, tahun 2009 lalu bisa jadi adalah era keemasan musik pop. Dalam satu tahun kemarin, penjualan musik pop meningkat sekitar 28% dari tahun sebelumnya.

Menurut data dari Official Charts Company, penjualan album maupun track dari genre pop mencapai angkat 33% dari total penjualan musik dari berbagai aliran di Inggris sana. Di saat yang sama, sekitar 18,9% dari track paling laris di Inggris adalah track milik musisi R&B seperti Beyonce dan JLS sementara musik rock yang semula mendominasi mengalami penurunan dari 31% di tahun 2008 menjadi 24,5% di tahun 2009.

Dalam berita yang dilansir Splash News juga disebutkan kalau BPI (British Phonographic Industry) sempat melepas komentar soal fenomena yang terjadi ini. Geoff Taylor yang menjabat sebagai chief executive BPI mengatakan, "Tidak diragukan lagi kalau tahun 2009 lalu adalah zaman keemasan musik pop - beberapa rekaman fantastis telah berhasil mengangkat baik penjualan album maupun single dari genre ini."

0 comments:

Post a Comment